Tuesday, 11 May 2010

Apa itu HTML

Tulisan ini dibuat untuk memenuhin salah satu tugas kuliah Web Base Programming gw yang deadlinenya tanggal 17 Mei 2010

Apa itu HTML?
HTML = HyperText Markup Language. Bahasa Markup, (Berdasarkan Wikipedia berarti kombinasi teks dan informasi tambahan mengenai teks tersebut. markup = markah/penanda, atau dalam HTML yang memberikan fungsi tertentu ) yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. HTML adalah standar yang digunakan untuk sebuah halaman web. HTMl di definisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Saya yakin anda semua mengetahui file .doc nya microsoft word. nah, ini ada jenis file, yang namanya HTML. kalau file microsoft word itu .doc, file HTML ini ekstensinya .htm atau .html. HTML ini merupakan file yang di taruh pada satu komputer ( server ) dan dapat di akses oleh komputer lain melalui aplikasi web browser. isi file HTML terdiri dari dua jenis : konten dan atribut. konten merupakan informasi dari file HTML itu sendiri, yang ditampilkan pada halaman browser. sedangkan atribut merupakan tag yang memiliki fungsi tertentu, dan tidak ditampilkan di halaman browser.
Contoh :

tulisan ini konten dan ini link merupakan konten. dan ini ditampilkan pada browser. yang berada di dalam tanda < dan > merupakan atribut. Atribut tidak di tampilkan di halaman browser.
masih agak bingung? ok. buka aplikasi notepad anda, copy kode diatas dan paste pada notepad. Save dengan nama contoh1.html. File HTML dapat dibuat menggunakan berbagai aplikasi editor kode. Namun sederhananya, Anda dapat membuat file HTML menggunakan aplikasi notepad yang pastinya terinstall di semua komputer ber OS windows. cukup tuliskan kodenya, lalu save dengan nama file + .htm atau .html . Contoh : namafile.htm. sekarang, buka file yang anda save tadi. dobel klik, dan file tersebut akan terbuka pada browser default anda. Anda akan paham apa maksud kami setelah itu. :)
File HTML PASTI dimulai dengan dengan tag ( kecuali deklarasi file. hanya deklarasi file yang ditulis sebelum tag . kita bicarakan ini nanti ) dan ditutup dengan tag . Setiap file html di dalam tag terbagi kedalam dua bagian : head dan body.
  1. bagian head dimulai dengan tag dan ditutup dengan tag . Bagian head ini berisikan atribut – atribut yang berisi informasi mengenai halaman web, dan link menuju file file CSS atau JavaScript yang memberi efek untuk halaman web tersebut
  2. bagian body dimulai dari tag dan ditutup dengan tag bagian body berisi konten yang ditampilkan pada browser, dan atribut – atribut pendukungnya,

Bookmark and Share

No comments: