Sunday, 24 January 2010

Cara Melelehkan Cokelat


Mengetim cokelat untuk hiasan cake/tart atau kue memang gampang-gampang susah, jika metodenya salah, bukan cokelat licin yag didapat namun menggumpal bahkan mungkin keras. Simak tips berikut agar Anda sukses mengetim cokelat.

** Pastikan Anda benar dalam memilih cokelat yang akan dilelehkan. Cooking chocolate biasanya berbentuk batangan atau blok. Pilih yang berkualitas baik, ada beberapa merek yang susah membeku.

** Potong-potong/serut cokelat blok sebelum di tim, potongan terlalu besar akan menyebabkan tidak rata melelahnya dan berbintil/berbutir.

** Tim cokelat dengan air panas bukan di atas air mendidih. Banyak orang salah mengerti istilah "Tim Cokelat" dalam resep. Tim cokelat disini artinya melelehkan cokelat di atas air panas. Cokelat akan bergumpal dan keras jika Anda mengetim cokelat di atas air mendidih. Caranya, masak air hingga mendidih, angkat. Letakkan panci kedua yang berisi potongan cokelat di atas air panas, aduk hingga meleleh.

** Pastikan panci dan alat yang Anda gunakan bebas air, air akan menyebabkan cokelat bergumpal.

** Jangan pernah menambahkan mentega/margarin, memang cokelat tim menjadi licin namun susah membeku.

** Cokelat putih mengandung lemak lebih tinggi dibandingkan yang berwarna cokelat. Memerlukan suhu lebih rendah dibanding yang berwarna cokelat.

** Usahakan mengetim cokelat harus selalu di aduk-aduk, agar cokelat tidak menggumpal.

** Segera siramkan/gunakan cokelat tim karena akan mengeras kembali jika digunakan didiamkan dalam suhu ruang.

** Menghias kue dengan siraman cokelat sebaiknya dilakukan dalam ruangan bersuhu dingin agar cokelat cepat membeku. Atau bisa juga dengan cara dimasukan ke lemari pendingin secepatnya setelah kue dihia

No comments: