Wednesday, 16 September 2009

TOM YAM GOONG SOUP vs TOM YAM SIMPLE SOUP

Kemarin waktu libur semester genap, iseng-iseng belajar masak ma mamah di rumah *buat gw... masakan terlezat cuman bikinan nyokap!! pantas lah, kalo anak-anaknya bongsor-bongsor ngga ada yg kekuarangan gizi sedari kecil. Dari daging sampai cuman masak tempe doank, bisa menajadi ada aja masakan yg enak ^^ I LOVE U MOM.. and I wanna be like you --' * oke.. let's gw coba share resepnya ya.. ini Tom Yam.. versi instan dan gampang heheh soalnya gw ngga pake bahan segar, seperti ikan or cumi segar yang belum di olah, Kenapa? karena gw takut --' takut rasanya gak enak, sayang kalo di buang... jadi percobaan bumbu dulu ^^ dari beli bahan, potong-potong, dan meracik semua gw lakuin mengikuti gaya profesional nyokap gw ^^V

em... gw ambil resepnya dari internet.. kita bandingin yah..

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ini versi dunia mayannya...
TOM YAM GOONG SOUP

 
 Kaldu :
1800 kaldu udang/ayam/air
3 batang serai, memarkan
3 cm jahe, memarkan
3 lembar daun jeruk
4 sdm kecap ikan/nampla sauce
1 cm lengkuas, memarkan
2 sdt sdm minyak cabai

1/2 sdt garam halus

3 buah cabai rawit merah, haluskan/namprik

1 siung bawang putih, memarkan

Bahan Isi:

300 gr udang ukuran besar, buang kepala dan bersihkan

100 gr jamur merang
8 buah cabai rawit, biarkan utuh
1 batang serai, ambil yang berwarna putih. potong-potong
5 lembar daun ketumbar, iris halus
2 lembar daun jeruk, iris halus

5 sdm air jeruk nipis


Cara Membuat :

1. Didihkan kaldu.air. Masukkan serai, jahe, lengkuas, bawang putih dan bumbu kaldu lainnya. Rebus hingga mendidih. angkat, saring.

2. Panaskan kembali kaldu, masukan udang, jamur, cabai dan daging serai. Didihkan kembali. Sesaat sebelum di angkat, tuang air jeruk nipis dan daun ketumbar. angkat. sajikkan panas.
Untuk 5 Porsi

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ini versi dunia nyata....
TOM YAM SIMPLE SOUP
Bahan buat bumbu kaldunya:

Kaldu :
1800 kaldu udang
batang serai, memarkan
3 cm jahe, memarkan
3 lembar daun jeruk
1 cm lengkuas, memarkan
1/2 sdt garam halus
3 buah cabai rawit merah, haluskan/namprik
1 siung bawang putih, memarkan
 3 siung bawang merah, iris halus
Setelah di potong-potong

Bahan Isi:
300 gr udang ukuran besar, buang kepala dan bersihkan
8 buah cabai rawit, biarkan utuh
1 batang serai, ambil yang berwarna putih. potong-potong
2 lembar daun jeruk, iris halus
5 sdm air jeruk nipis
Untuk isian gw ganti bakso-bakso yang dengan mudah kita dapet di supermarket, gak tau deh namannya apa aja, pilih sesuai selera aja ^^

Cara Membuat :
1. Didihkan kaldu.air. Masukkan serai, jahe, lengkuas, bawang putih dan bumbu kaldu lainnya. Rebus hingga mendidih.
2. Lalu masukan udang, jamur, cabai dan daging serai. Didihkan kembali. Kemudian bakso2, Sesaat sebelum di angkat, tuang air jeruk nipis. angkat. sajikkan panas. Untuk 5 Porsi

Hasil akhirnya.... enak juga.. walopun masih sulit kalo harus di sandingkan dengan punya restoran... selamat mencoba ^^
Bookmark and Share

No comments: