Tuesday, 4 August 2009

Profile Mbah Surip

Profile Mbah Surip Tak Gendong…Mbah Surip sudah dikenal dimana-mana dengan lagunya Tak Gendong dan ciri khasnya dengan rambut Bob Marley beserta tawa khasnya yang bikin kocak….

Tak gendong kemana-mana 3xLiriknya :
Mantep dong enak dong
Daripada naik pesawat kedinginan
Mendingan tak gendong ayooooooo
Tak gendong kemana -mana3x
Mantep dong enak dong
dari pada naik taksi kesasar
mendingan tak gendong
wear aryou doing
oke iam hoking

Awal Kehidupan Mbah Surip
Mbah Surip dilahirkan pada tanggal 5 Mei 1949 di Mojokerto Jawa Timur. Dilahirkan dengan nama Urip Ariyanto. Saat ini Mbah Surip berstatus duda dengan empat anak dan sekaligus juga sebagai kakek dengan empat cucu. Menurut pengakuannya Mbah Surip termasuk orang yang senang sekolah, Mbah Surip memiliki ijazah SMP, ST, SMEA, STM, Drs. sama insinyur dan MBA.

Mbah Surip jaman muda

Selain sebagai penyanyi, Mbah Surip pernah merasakan pengalaman bekerja di bidang pengeboran minyak, tambang berlian, emas, dan lain-lain bahkan pernah bekerja di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania dan California. Namun Merasa nasibnya kurang baik, Mbah Surip mencoba peruntungan dengan pergi ke Jakarta. Di Ibukota Jakarta, ia bergabung dengan beberapa komunitas seni seperti Teguh Karya, Aquila, Bulungan, dan Taman Ismail Marzuki.
Pada suatu waktu, nasib menentukan lain. Mbah Surip mendapat kesempatan untuk rekaman dan akhirnya meraih kesuksesan seperti sekarang.
Perjalanan di Dunia Musik
Dalam perjalanan musiknya Mbah Surip telah mengeluarkan beberapa album musik. Album rekamannya dimulai dari tahun 1997 diantaranya, Ijo Royo-royo (1997), Indonesia I (1998), Reformasi (1998), Tak Gendong (2003) dan barang Baru (2004).
Namun ternyata lagu Tak Gendong diciptakan pada tahun 1983 saat Mbah Surip bekerja di Amerika Serikat. Menurut Mbah Surip Filosofi dari lagu ini yaitu Belajar salah itu, yang digendong ya siapa saja, entah baik, galak, nakal, atau jahat. Seperti bus, nggak peduli penumpangnya, entah itu copet, gelandangan, pekerja, ya siapa saja. Sebab, menggendong itu belajar salah.
Mbah Surip tampil juga lewat video klip “Witing Trisno” karangan Tony Q Rastafara di MTV. Ciri khas dari setiap aksinya di panggung musik yaitu selalu ditemani “Gitar Kopong” nya, menyanyi dengan sangat relax dan nyanyi “ngalor-ngidul” dengan gaya-nya yang khas, kocak, gila, dan bebas ekspresi.
Karakter inilah yang membuat Emha Ainun Najib atau Cak Nun sering menggambarkan sosok Mbah Surip adalah gambaran “Manusia Indonesia Sejati” yang tidak pernah merasa susah, tidak pernah gelisah, tidak pernah sedih dan selalu tertawa, meskipun seringkali di ledek orang Mbah Surip tetap saja tertawa tidak pernah dendam, atau membalas ledekan tersebut.

Berita Kematiannya
Beliau baru saja sukses dengan mendapatkan royalti mencapai 9 milayar dari lagu Tak Gendong yang di ciptakan saat beliau berada di Amerika. Lagunya laris manis menjadi RBT *Termasuk bokap gw --'* dan show on air nya di banyak stasiun tv.
Barusaja membeli rumah, dan mobil suzuki APV warna biru menunjukan jerih payahnya sudah membuahkan hasil. Keinginannya untuk membeli helykopter dan menikah lagi sayangnya belum tercapai, beliau sudah keburu dipangil yang Maha Kuasa

Mbah Surip menggunakan motor untuk pergi show


penyebab kematian mbah surip telah diketahui, menurut tim dokter yang menangani jasad mbah surip, dia meninggal karena gagal jantung, dan sesaat sebelum kematianya mbah surip sempat pingsan sebelum meninggal di perjalanan ke rumah sakit, tadi pagi sekitar pukul 10.30 WIB, dan sebenarnya mabh surip telah mengalami pusing-pusing serta tidak enak bandan sebelumnya,

selain itu, diberitakan bahwa mbah surip juga sempat mengalami bunang air bersar terus menerus selama tiga hari sebelum meninggalnya, berita mbah surip meninggal dunia ini cukup membuat banyak orang kaget dan tidak percaya,

sampai saat ini dimana tempat untuk pemakaman mbah surip juga belum ditentukan, karena perbedaan pandangan antar keluarga dan mendiang mbah surip sendiri, karena sebelum meninggalnya mbah surip, dia pingin dikubrkan di Jakarta, di komplek pemakaman WS rendra, akan tetapi keluar ga menginginkan mbah surip disemayamkan di mojokerto tempat kelahiran mbah surip

sebelum meninggal, mbah surip sempat membagi-bagikan sodakoh kepada sesama musisi jalanan yang belum sempat merasakan kesuksesan seperti mbah surip ini, dan dengan hal ini menunjukan bahwa mbah surip tidak pernah memikirkan harta adalah segalanya,

dengan terkuaknya misteri kematian mbah surip dan telah diketahuinya penyebap kematian mbah surio ini hilang sudah pandangan dan pertanyan-pertanyaan nakal seputar kematian mabh surip ini



Selamat Jalan Mbah Surip, semoga digendong malaikat ke sisi Yang Maha Esa.. we love u full.

No comments: