Sunday, 28 June 2009

Denim VS Jeans

Baru-baru ini gw baru mulai tertarik baca artikel yang berbau jeans, lalu keluarlah nama-nama aneh yang baru gw denger seperti apa itu Denim, Selvedge/Selvage, wash, dry dan masih banyak istilah aneh. Ini terjadi karena gw baru beli 1 jeans Nudie akibat pengaruh dari seseorang --' yang mungkin perkembangannya akan gw tulis di blog ini.

sebagai orang awam, gw sempet mikir kalo denim adalah nama lain dai jeans, dan Nudie adalah satu-satunya merek jeans dengan aliran denim... sumpah gw pusing banget ma istilah-istilah ini!! tapi setelah gw cari tau, ternyata intinya yaitu "Denim adalah jenis kain, dan jeans adalah salah satu produknya, serta Nudie adalah salah satu merek jenas yang menggunakan bahan denim" okeh, dasar dai permasalahan ini selesai. Tapi sembari mebaca artikel yang ber judulkan denim munculah istilah-istilah aneh lain seperti fit *yang sering di gunakan sebagai objek yang di teliti oleh para pecinta denim* Starch, Soak, Shrinking denim dan ba bi bu yg lainnya selengkapnya baca saja di sini

Jadi ini contoh kain denim:




Yang terbuat dari bahan tanaman seperti:


kemudian di keringkan


dan proses penghancuran VS kimia



dan ini adalah jeans berbahan denim :


"Denim lebih dari sekedar bahan yang disusun atas rangkaian kapas. Awalnya Denim memunculkan sejumlah opini dari parasejarawan, designer, para kaum muda, bintang film dan penulis. Di tahun 1969 seorang penulis untuk majalah American Fabrics menyebutkan, " Denim adalah salah satu bahan tertua didunia, dan hingga saat ini pun bahan tersebut masih dikenal semua orang. Apabila bahan tersebut masih terus digunakan maka Denim akan selalu menjadi incaran".

Berdasar pada Legenda dan fakta, sejumlah ahli bahasa berupaya untuk mencari tahu sejarah dari kata Denim. Sebagian besar buku referensi menyebutkan, Denim merupakan kata yang diambil dari sebuah frase asal Perancis " Serge De Nimes" atau dengan kata lain kain yang berasal dari sebuah kota Nimes di Perancis. Walau demikian, sejumlah ahli bahasa mulai mempertanyakan penjelasan tersebut.

Asli dari Eropa
Kain Serge de Nimes membawa mereka kembali ke Perancis diabad ke-17. Pada saat yang sama di Perancis ada pula kain yang dikenal dengan nama Nim. Kedua bahan tersebut ternyata berkomposisi sama yakni berupa susunan dari sejumlah benang wool.

Serge De nime ternyata juga dikenal di Inggris sebelum akhir abad ke-17. Namun kemudian muncul pertanyaan apakah bahan tersebut diimport dari Perancis atau apakah bahan tersebut merupakan bahan yang sama dengan nama yang kebetulan sama pula. Bahan yang diberi nama sesuai dengan lokasi geografis ini, ternyata juga dibuat di manapun. Nama yang beredar sempat dipinjam untuk keperluan penjualan. Belakangan diketahui bahwa Serge De Nimes juga dibuat di Inggris dan bukan di Nimes, Perancis.

Namun tetap saja, untuk mengetahui dari mana kata Denim berasal bukanlah hal yang muda. Apakah Denim merupakan kependekan dari Serge Denim. Jika dilihat dari bahan dasarnya Serge De Nimes sendiri dibuat dengan bahan dasar sutra dan wool. Sementara Denim dibuat dengan bahan dasar Wool saja. Lagi-lagi hal tersebut cukup membingunkan. Hubungan diantara dua kain yang disebutkan hanyalah namanya saja. Apakah Serge De nime merupakan kata original dari Denim yang berarti kain tersebut dibuat ulang dari bahan dasar wool yang akhirnya diberi nama Nim ? Dan apakah Serge De Nimes lebih dikenal luas dari pada Nim dan akhirnya terjadi kesalahan saat mengartikan kata ketika kain tersebut memasuki pasaran Inggris ? Sepertinya hal tersebut sulit untuk diketahui"

Yang ada di otak gw tentang denim, adalah bahan pembuat jeans yang memiliki keunikan makin jarang di cuci bentuk dan warnannya makin bagus, di mana bentuk efeknya (fit) akan mengikuti lekuk tubuh dari si pemakai jika jeans ini di gunakan terus menerus. Corak dari fit ini yang di cari pecinta denim, karena akan berbeda satu dengan yang lainnya.

2 comments:

arief said...

gan bisa bantu ga ?? gw bingung ma masalah jenis2 bahan denim . bisa minta tolong buat kasih tw nama jenis bahan denim beserta votonya , !! thx yha gan sebelumnya ..
http://www.facebook.com/DOGDREEPDOWN/posts/183757555005305?ref=notif&notif_t=feed_comment#!/DOGDREEPDOWN

Dwi Sulistiyani said...

Thanks for sharing.. Butuh bahan kain denim berkualitas untuk membuat celana jeans?.. Kunjungi toko kain kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..